By | 10 April 2020

Anda adalah seorang yang menggunakan kendaraan bermesin diesel? Jika iya maka tentu saja bahan bakar yang digunakan adalah jenis solar. Ada beberapa alasan yang kiranya membuat Anda lebih memilih kendaraan bermesin diesel daripada yang bermesin bensin. Pertama tentu saja karena mesin diesel sudah sangat terkenal dengan power yang dihasilkan begitu besar begitu pula dengan peformanya. Hal ini tentu saja sangat cocok bagi Anda yang sering berpergian ke daerah dengan kontur pegunungan yang membutuhkan peforma mesin yang tangguh. Alasan kedua mengapa Anda lebih memilih kendaraan bermesin diesel mungkin adalah penggunaan bahan bakarnya yang relatif lebih irit dengan harga bahan bakarnya pun yang lebih murah daripada bensin.

Namun perlu diketahui bahwa bahan bakar untuk kendaraan bermesin diesel ini tidak hanya sebatas solar saja. Sama seperti bensin yang memiliki beberapa varian yang dibedakan berdasarkan oktan numbernya seperti Premium, Pertalite, dan Pertamax, Pertamina selaku produsen juga melakukan hal yang sama pada bahan bakar berjenis solar. Untuk bahan bakar jenis solar sendiri juga tersedia pilihan yang cukup variatif perbedaannya hanya berdasarkan cetane numbernya seperti Solar, Dexlite, serta Pertamina Dex. Kebanyakan pengguna kendaraan bermesin diesel saat ini umumnya memilih untuk menggunakan solar yang harganya paling murah. Namun penggunaan bahan bakar dengan kualitas lebih tinggi seperti Pertamina Dex sebenarnya membuat peforma mesin yang lebih bagus, bertenaga, dan efisien.

Pertamina Dex merupakan salah satu varian bahan bakar untuk kendaraan bermesin diesel yang memiliki Cetane Number paling tinggi yaitu sebesar 53 diatas Dexlite yang Cetane Numbernya 51 dan solar yang hanya sebesar 48. Dari hal tersebut sudah dapat ditarik kesimpulan bahwa Pertamina Dex merupakan bahan bakar yang paling direkomendasikan terutama untuk kendaran bermesin diesel keluaran terbaru yang umumnya membutuhkan bahan bakar dengan Cetane Number yang tinggi agar peforma yang dihasilkan maksimal. Bagi Anda yang masih ragu untuk memilih untuk menggunakan Pertamina Dex berikut ini merupakan beberapa keunggulan lainnya

1. Membuat Mesin Mencapai Potensi Maksimalnya

Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20 - Page 6 ...

Seperti yang telah dijelaskan diatas Pertamina Dex memiliki kandungan Cetane Number yang tinggi dibandingkan solar biasa. Cetane Number itu sendiri akan berpengaruh pada seberapa besar energi kimia dari bahan bakar dapat dikonversi menjadi tenaga untuk mesin. Semakin besar nilai Cetane Number semakin besar pula efisiensi mesin dari kendaraan kita. Untuk membuktikannya Anda dapat beralih menggunakan Pertamina Dex dari yang sebelumnya solar dan Anda dapat merasakan perbedaannya saat mesin bekerja.

2. Emisi yang Dihasilkan Lebih Sedikit

Memang kendaraan dengan mesin diesel juga terkenal dengan gas buangnya yang terkenal lebih pekat daripada kendaraan yang memakai mesin bensin karena gas buang dari mesin diesel memiliki kandungan sulfur yang relatif besar. Emisi gas buang ini dapat dikurangi kadarnya sesuai dengan bahan bakar yang kita pakai. JIka menggunakan solar kandungan sulfur maksimalnya adalah 2500 ppm, Dexlite 1200 ppm, dan Pertamina Dex yang hanya 300 ppm saja. Oleh karena itu selain menghasilkan peforma yang lebih bagus penggunaan Pertamina Dex dapat mengurangi polusi udara.

3. Sangat Baik untuk Menjaga Mesin

Bahan bakar pada mesin diesel juga sekaligus sebagai pelumas sehingga akan menentukan awet atau tidaknya mesin kendaraan yang kita miliki. Penggunaan Pertamina Dex yang memiliki spesifikasi paling tinggi tentunya akan membuat sifat pembersihan tersebut juga akan semakin maksimal dengan sifatnya yang dapat membersihkan mesin, anti karat, kontaminasi air, serta foaming.