By | 10 September 2018
Gigi yang kuat dan sehat memang menjadi dambaan semua orang. Banyak orang melakukan perawatan gigi hingga mengeluarkan biaya yang tak sedikit. Namun sebenarnya biaya perawatan tersebut bisa dialihkan untuk membeli buah-buahan yang bisa menjadikan gigi menjadi sehat dan kuat.
1. Apel
 
Apel dapat membantu menstimulasi gusi,meningkatkan produksi saliva didalam mulut dan mencegah pembentukan lubang pada gigi sekaligus membersihkan permukaan gigi. Konsumsilah Apel satu jam setelah makan malam, supaya membersihkan bagian-bagian gigi yang tidak terjangkau hanya dengan menyikat.
Apel memiliki daging buah yang keras dan renyah. Buah-buahan dengan tekstur semacam ini perlu dikunyah ketika dimakan. Ketika seseorang makan apel, setiap kali dia mengunyah, setiap kali itu pula gusi mendapat pijatan. Pijatan pada gusi membantu mulut untuk melepaskan sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi.
Selain itu, proses mengunyah akan memicu proses produksi air liur yang berfungsi tidak hanya dalam proses pencernaan makanan, tapi juga menetralisir pengaruh bakteri streptococcus yang mungkin ada di mulut. Bakteri streptococcus, bila Kamu belum mengetahuinya, adalah biang keladi dari lubang-lubang kecil pada gigi.
2. Pir
 
Buah yang mengandung serat tinggi umumnya baik untuk kesehatan gigi dan mulut, karena membutuhkan waktu lama untuk mengunyah, dan kunyahan itu membuat tubuh memproduksi saliva lebih banyak, sehingga membantu menetralisir zat asam yang bisa merusak gigi.
Hampir sama dengan kandungan yang ada pada buah apel merah, buah pir mengandung serat yang sangat banyak, serat pada buah pir inilah yang bermanfaat membersihkan gigi dan gusi dari kuman, dan juga membantu mulut memproduksi air liur secara baik dan teratur. Karena bau mulut juga biasanya disebabkan oleh berkurangnya aliran air ludah atau mulut kering.
3. Kakao
 
Bubuk cokelat kaya akan zat yang membantu mengurangi peradangan pada gusi, serta mencegah pengikisan email dan gigi berlubang. Selain mood yang lebih baik, Cokelat panas  juga membuat gigi jadi sehat.Tapi jangan terlalu banyak menambahkan gula atau susu pada minuman cokelat Kamu.
Biji kakao yang bersifat antibakteri bisa menyeimbangkan kadar gula dalam cokelat sehingga menjadikan para peneliti percaya bahwa kandungan coklat ini dapat ditambahkan pada pasta gigi.
Berbagai macam dan ragam cokelat dapat ditemukan di pasaran termasuk di Coklat Miss June, dari mulai dark chocolate, cokelat susu, atau cokelat putih. Untuk mendapatkan semua manfaat cokelat bagi kesehatan gigi, ada baiknya Anda memilih “dark chocolate” dengan kandungan cokelat minimal 70%. Walaupun agak pahit, namun rasa cokelat yang enak dan manfaatnya tetap masih dapat kita nikmati.
4. Kiwi
 
Sebagaimana yang telah kita maklumi, bahaw Kiwi merupakan sumber vitamin C yang baik. Jumlah vitamin C yang cukup dalam tubuh bisa memelihara jaringan kolagen pada gusi. Kolagen mencegah gusi dari infeksi, mempercepat penyembuhan sariawan dan memperkuat gusi untuk mencegah penyakit gusi dan mulut.
Beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah kiwi, termasuk zat besi, tembaga serta vitamin C dan E, memiliki sifat antioksidan dan bertanggung jawab untuk menetralisir radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini, peradangan, serta banyak penyakit degeneratif.
Vitamin C sangat penting untuk sintesis kolagen, sehingga kandungan dalam buah kiwi sangat bermanfaat untuk kesehatan jaringan ikat, terutama untuk tulang, gigi dan kesehatan gusi. Tidak hanya itu, buah Kiwi dapat membantu menjaga integritas jaringan tulang dengan meningkatkan sintesis kolagen, tetapi juga mempromosikan mineralisasi nya (sehingga mencegah osteoporosis) karena isinya kalsium dan fosfor.
5. Strawberry
 
Dalam strawberry terkandung senyawa yang baik bagi kesehatan gigi yang biasanya dapat dijadikan sebagai pasta gigi, sama seperti halnya pasta gigi yang dijual dipasaran strawberry pula mengandung senyawa yang sifat dan fungsinya memiliki peran yang sama pada pasta gigi biasanya.
Di dalam strawberry terkandung zat aktif antibakteri yang sama terdapat pada pasta gigi yang dijual dipasaran, dimana zat tersebut memiliki peran aktif bagi kesehatan gigi kita agar tidak terjadinya kerusakan-kerusakan yang akan dialami jika pada gigi tidak diberikan zat tersebut.
Namun pada pasta gigi yang dijual di pasaran tidak dianjurkan pemakaian pasta gigi memiliki konsentrasi flour yang tinggi, pada pasta gigi yang dijual di pasaran sendiri terdapat zat aktif antibakteri dalam bentuk stanium flourida, natrium flourida, natrium monoflourosfat yang dimana jika pemakaian digunakan pada konsentrasi yang tinggi dapat menimbulkan efek samping yang berupa flourosis email.
Maka penggunaan pasta gigi yang berbahan dasar strawberry akan lebih aman digunakan dalam pemakain pasta gigi karena memiliki fungsi dan peran yang sama pada pasta gigi yang ada di pasaran namun memiliki kandungan yang berbeda dengan pasta gigi yang ada di pasaran. *sp