By | 31 Desember 2019

Berkat kepraktisannya, sheet mask menjadi salah satu produk skin care yang digemari banyak wanita. Kalau kamu mampir ke beauty e-commerce, marketplace, hingga beberapa online shop, pasti akan menemukan sheet mask dengan mudah, dan variannya pun banyak. Produk perawatan kulit satu ini disukai wanita karena kandungannya yang cenderung aman, melembapkan, dan mampu membuat wajah terlihat segar setelah pemakaian. Rasanya tidak perlu ada hal yang dikhawatirkan saat menggunakan produk ini, ya? Namun, ternyata ada juga hal yang dapat menyebabkan pemakaian sheet mask menjadi tidak maksimal. Ketahui, yuk, beberapa kesalahan pemakaian sheet mask berikut ini supaya bisa kamu hindari.

1. Dibiarkan Terlalu Lama

Punya pikiran bahwa semakin lama sheet mask didiamkan, akan semakin maksimal khasiatnya? Ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar dan justru akan membuat kulit kamu memburuk. Masker yang didiamkan terlalu lama, bahkan hingga mengering, akan membuat proses osmosis berbalik. Akibatnya, lembaran masker yang akan menyerap cairan dari wajah kamu. Pastikan untuk melepas masker saat kondisi masker masih lembap dan jangan sampai kamu ketiduran saat menggunakannya.

2. Menggunakan Pelembap Sebelum Pemakaian Sheet Mask

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus memastikan kulit sudah dalam kondisi bersih dan memiliki pH yang seimbang. Kondisi tersebut dapat dicapai dengan mencuci wajah dan menggunakan toner. Jika diinginkan, kamu bisa menggunakan serum yang konsistensinya cair. Tidak perlu menggunakan pelembap sebelum menggunakan sheet mask. Tugas dari sheet mask adalah untuk memberikan hidrasi dan kelembapan pada kulit. Essence yang terkandung dalam sheet mask pun biasanya cukup cair atau sedikit kental. Kurang lebih pakai “rumus” gunakan skin care dari yang teksturnya paling cair hingga paling kental. Jika ingin melanjutkan dengan pelembap, pakai setelah sheet mask.

3. Membilas atau Mengelap Muka Sesudah Pemakaian Sheet Mask

Seusai digunakan, sheet mask memang akan membuat wajah menjadi sangat basah dengan kandungan essence-nya. Kebanyakan orang malah membilas atau mengelap wajah untuk menyingkirkan sisa essence tersebut. Apa kamu termasuk salah satunya? Kalau iya, hindari hal tersebut ya! Menyingkirkan sisa essence pada wajah sama saja dengan membuat pemakaian sheet mask menjadi sia-sia. Lebih baik kamu menekankan sisa essence pada wajah untuk membantunya terserap. Atau jika kamu terganggu dengan jumlah essence yang menetes-netes, baurkan saja sisa essence pada leher, tangan, atau area tubuh lainnya.

4. Tidak Mempersiapkan Kulit dengan Baik Sebelum Pemakaian Sheet Mask

Sheet mask akan bekerja maksimal pada kulit wajah yang bersih. Maka dari itu, selalu pastikan kulit kamu sudah benar-benar bersih dari makeup, minyak, kotoran, dan debu. Bersihkan wajah menggunakan cleanser, lakukan eksfoliasi secara halus, dan lanjutkan dengan penggunaan toner. Dengan melakukan hal tersebut, kulit kamu akan berada pada kondisi terbaiknya untuk merasakan manfaat terbaik dari masker yang dikenakan.

5. Tidak Memakai Sheet Mask Sesuai Instruksi

Memakai sheet mask memang sangat mudah dan praktis. Namun, ada baiknya jika kamu tetap memperhatikan instruksi yang tertera pada kemasan produk. Selalu pastikan kamu membaca keterangan produk sebelum memakaikannya pada wajah. Siapa tahu, ada kandungan masker yang sebenarnya tidak cocok dengan kulit kamu. Perhatikan juga berapa lama masker sebaiknya dipakai.