By | 22 April 2020

Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gas, lama-lama akan memancing datangnya asam lambung dengan gejala terdiri dari heartburn atau rasa terbakar di dada, sering sendawa, napas menjadi bau, dan masih banyak lainnya.

Hal tersebut pastinya menimbulkan rasa tidak nyaman ketika sedang melakukan rutinitas. Karena itulah, berikut ini ada tujuh olahan makanan dan minuman yang melegakan perut dari asam lambung.

1. Udang bakar

7 Olahan Makanan & Minuman yang Melegakan Perut dari Asam Lambung

Mengonsumsi makanan seafood seperti udang dapat mengurangi pergerakan asam lambung asalkan dimasak dengan cara dipanggang atau ditumis.

Dimasak dengan cara digoreng memang memudahkan tapi keberadaan minyak berlebih justru memperparah asam lambung. Maka dari itu, udang bakar dapat dijadikan pilihan untuk melegakan perut dari asam lambung.

Tapi, jangan menambahkannya pula dengan saus sambal atau saus kacang ya! Nikmatilah udang bakar original. Tetap mantap, kok!

2. Jus seledri

7 Olahan Makanan & Minuman yang Melegakan Perut dari Asam Lambung

Daun seledri biasanya menjadi pelengkap masakan yang membuat rasanya menjadi makin sedap saat disantap. Tidak hanya makanan, seledri juga nikmat saat dijadikan sebagai jus seledri yang memiliki beragam manfaat. Salah satunya adalah melegakan perut dari asam lambung.

Masuk dalam kategori jus sayuran, minuman berwarna hijau ini memiliki kemampuan dalam mengembalikan asam klorida, membunuh bakteri, membuang racun, serta menyehatkan hati dan lambung. Dalam kata lain, jus seledri dapat membantu menyembuhkan asam lambung.

3. Oatmeal

7 Olahan Makanan & Minuman yang Melegakan Perut dari Asam Lambung

Oatmeal adalah sumber serat yang sangat baik bagi tubuh. Sebab itulah, oatmeal dapat membantu melegakan perut dari asam lambung.

Serat tidak hanya meningkatkan kesehatan usus, tetapi juga mengurangi sembelit dan membuat kalian merasa kenyang lebih lama usai menyantapnya. Kalian dapat menikmati oatmeal dengan menambahkan susu rendah lemak atau kacang almond.

4. Wedang jahe

7 Olahan Makanan & Minuman yang Melegakan Perut dari Asam Lambung

Ketika perut terasa tidak nyaman karena asam lambung, segera ke dapur dan buat wedang jahe sendiri. Untuk menambah rasa manis, dapat menggunakan gula pasir atau madu. Habiskan wedang jahe dalam keadaan masih hangat supaya membantu menghangatkan perut juga.

Jahe dapat meredakan iritasi saluran pencernaan, dan mengurangi kemungkinan asam lambung mengalir ke kerongkongan. Selain itu, jahe juga bisa mengurangi peradangan. Karena itu, menikmati secangkir wedang jahe dapat melegakan dari asam lambung.

5. Tumis bayam

7 Olahan Makanan & Minuman yang Melegakan Perut dari Asam Lambung

Bayam salah satu sayuran hijau yang dapat bantu melegakan perut dari asam lambung. Sayuran hijau adalah makanan yang rendah lemak serta gula. Karena itu, sayuran hijau dapat membantu mengurangi asam lambung.

Selain diolah menjadi sayur bayam, kalian dapat membuatnya menjadi tumis bayam. Supaya meningkat fungsinya, kalian dapat menumis bayam menggunakan minyak zaitun.

6. Jus melon

7 Olahan Makanan & Minuman yang Melegakan Perut dari Asam Lambung

Jika kalian tidak terlalu menyukai jus seledri, tenang, masih ada jus melon yang bisa jadi alternatif. Tapi, jangan menambahkan gula maupun susu kental ya karena melon sudah manis secara alami.

Seperti pisang, melon juga merupakan buah yang sangat basa. Buah-buahan tersebut adalah sumber magnesium yang baik dan dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi asam lambung.

7. Roti panggang putih telur dan alpukat

7 Olahan Makanan & Minuman yang Melegakan Perut dari Asam Lambung

Kalian cukup menyiapkan bahan yang terdiri dari roti gandum, alpukat, keju parut, garam, dan putih telur rebus yang kemudian disusun menjadi satu usai roti gandum dipanggang. Telur adalah sumber protein yang baik dan rendah asam yang baik dalam meredakan asam lambung.

Nah, itu tadi tujuh olahan makanan dan minuman yang dapat melegakan perut dari asam lambung. Ingat, jangan kebanyakan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengundang gas ya! Selain itu, kurangi berbicara saat makan supaya lambung tidak berisi banyak udara sehingga menyebabkan asam lambung.