By | 4 Mei 2020

Memiliki wajah yang mudah berjerawat memang tidak mudah. Selain harus ekstra hati-hati Ketika menggunakan skincare, untuk mendapatkan riasan yang flawless nggak bisa sembarangan lho.

Jangan sampai riasan yang harusnya membuat kamu semakin percaya diri justru berujung bencana. Agar hal ini tidak terjadi, kamu bisa ikuti tujuh tujuh tips mudah menggunakan makeup untuk kulit acne prone skin  di bawah ini!

1. Persiapkan kulit kamu terlebih dahulu

7 Tips Mengunakan Makeup Untuk Acne Prone Skin

Sebelum menggunakan riasan apapun, jangan pernah lupakan untuk mempersiapkan kulit. Pastikan kulit dalam keadaan bersih, lalu di lanjutkan dengan mengaplikasikan toner, pelembap serta sunscreen. Hal ini dapat membantu riasan kamu menjadi tahan lama dan menjadi batasan antara kulit dengan makeup. 

2. Gunakan foundation yang ringan

7 Tips Mengunakan Makeup Untuk Acne Prone Skin

Memiliki wajah yang cenderung mudah berjerawat, kamu bisa memilih foundation yang memiliki testur ringan dan tidak menutup pori-pori. Hal ini bisa mencegah jerawat semakin memburuk. Aplikasikan foundation secara perlahan dan merata. Untuk mendapatkan hasil yang full coverage kamu bisa gunakan flat top brush. 

3. Pilih full coverage concealer

7 Tips Mengunakan Makeup Untuk Acne Prone Skin

Untuk menutupi imperfection, kamu bisa gunakan concealer dengan daya cover tinggi. Gunakan concealer pada area yang dibutuhkan saja lalu dioleskan tipis-tipis agar hasilnya merata dan halus di wajah.

Lalu, ratakan menggunakan jari tangan atau brush concealer yang bersih untuk menghindari infeksi bakteri penyebab jerawat. Tetapi, concealer hanya dapat menyamarkan warna, bukan teksur ya!

4. Kunci riasan kamu dengan bedak tabur

7 Tips Mengunakan Makeup Untuk Acne Prone Skin

Untuk set seluruh riasan, kamu bisa memilih bedak tabur dibandingkan dengan dengan bedak padat. Karena bedak tabur dapat menyerap sebum berlebih dan tidak menutup pori-pori. Selain itu, teksturnya sangat ringan dan nyaman digunakan sehatian.

Untuk hasil maksimal kamu bisa gunakan teknik baking yang dapat mengunci riasan dengan sempurna. Gunakan beauty sponge kemudian ambil bedak dan tap ke wajah. Tekan-tekan sedikit agar meresap ke pori-pori. Kemudian diamkan selama lima menit lalu ratakan.

5. Pilih matte blush on

7 Tips Mengunakan Makeup Untuk Acne Prone Skin

Agar penampilan tambah merona, kamu bisa gunakan matte blush on. Hindari penggunaan blush yang terdapat shimmer atau glitter, karena efek glowing tersebut dapat membuat tekstur wajah semakin terlihat.

6. Hindari penggunaan highlighter

7 Tips Mengunakan Makeup Untuk Acne Prone Skin

Walau menggiurkan, tetapi menggunakan highlighter pada kulit berjerawat akan memperlihatkan tekstur wajah. Selain itu, kulit akan terlihat lebih berminyak dan greasy. Jadi, sebaiknya hindari menggunakan highlighter ya!

7. Jangan lupa, semprotkan setting spray

7 Tips Mengunakan Makeup Untuk Acne Prone Skin

Agar makeup tetap on point sepanjang hari, kamu bisa menyemprotkan setting spray untuk menguncui riasan. Selain itu, setting spray juga membuat makeup semakin menyatu dengan kulit wajah. Jadi tidak terkesan dempul dan tetap terlihat flawless.

Itu dia tujuh tips menggunakan makeup untuk kulit berjerawat. Setelah itu, jangan lupa untuk bersihkan wajah secara menyeluruh dan lanjutkan dengan skincare routine kamu, ya!