By | 21 Juni 2019

Sakit merupakan kondisi yang paling dihindari oleh siapapun. Karena saat sakit tubuh akan terasa kurang nyaman saat digunakan untuk beraktivitas. Selain itu, sakit juga bisa membuat kurang enak untuk makan, minum, maupun tidur. Sakit tak jarang juga membutuhkan biaya berobat yang tidak sedikit. Untuk itu penting untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi baik serta menjaga lingkungan sekitar selalu dalam keadaan bersih.

Sakit terkadang bisa menyerang siapa saja. Saat susah pada kondisi ini, berobat merupakan langkah yang bisa agar segera sembuh dan bisa beraktivitas normal seperti biasanya. Ada beberapa jenis penyakit yang ternyata untuk penyembuhannya selain menggunakan obat-obatan, juga harus ditunjang dengan mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Seperti untuk beberapa penyakit berikut ini:

Jambu biji.

Saat mengalami demam berdarah, tubuh akan cenderung kekurangan plasma darah akibat adanya penurunan jumlah trombosit. Salah satu cara meningkatkan trombosit pada demam berdarah adalah dengan mengkonsumsi buah jambu biji. Hal ini dikarenakan mengandung berbagai nutrisi, seperti betakaroten dan vitamin C yang diperlukan untuk pembentukan plasma darah.

Ceri

Di dalam buah ceri terkandung berbagai nutrisi yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes untuk meredakan kadar gula dalam darah yang tinggi. Adapun nutrisi yang dimiliki, antara lain zat antioksidan, vitamin, dan kadar gula alami.

Bayam.

Sayuran yang kaya akan serat, vitamin A, C, zat besi, serta asam folat ini sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang mengalami masalah dengan pencernaan, seperti sembelit. Selain itu pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia juga bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi bayam. Bayam juga bagus untuk kesehatan mata, melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung, mencegah dari kanker payudara, kanker prostat, dll.

Wortel.

Kandungan antioksidan dalam wortel serta vitamin A dan zat karotenoid di dalamnya baik dikonsumsi untuk mencegah dari penyakit kanker payudara pasca menopause. untuk mengkonsumsi wortel bisa dalam keadaan masih mentah maupun setelah dimasak.

Nah, itu tadi sekilas beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk mengatasi penyakit tertentu maupun untuk pencegahannya. Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis makanan tersebut agar kesehatan segera pulih. Selain itu ada baiknya agar terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan, lakukan proteksi pada diri sendiri sejak dini dengan selalu menjaga kesehatan, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan bergizi, baik dari buah-buahan maupun sayur-sayuran.