By | 29 April 2019

Mendengar kata “kebun buah”, pikiran biasanya lari ke Taman Buah Mekarsari atau kebun apel di Batu. Akan tetapi, pernahkah kamu mengunjungi kebun buah cantik di Jogja? Berlokasi di daerah perbukitan, Kebun Buah Mangunan adalah tempat wisata alam yang cocok untuk pemburu tiket murah.

Dengan harga tiket terjangkau, udara sejuk, dan panorama indah, Kebun Buah Mangunan adalah destinasi tepat untuk menikmati alam sambil belajar.

Keindahan Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan berada di ketinggian sekitar 150 hingga 200 meter di atas permukaan laut. Selain udara sejuk, kebun ini juga memiliki tempat-tempat untuk menikmati panorama. Jika cuaca cerah, kamu bisa melihat Sungai Oya, Kota Bantul, dan Pantai Parangtritis. Akan tetapi, Kebun Buah Mangunan juga kerap berkabut, terutama jika hujan turun saat matahari masih bersinar cerah.

Kebun ini memiliki sekitar 950 pohon mangga, 1.500 pohon durian, 300 pohon jambu air, 200 pohon jeruk, dan masih banyak lagi. Ada juga lokasi pembibitan sapi serta penangkaran rusa. Pihak pengelola menyediakan beberapa gazebo, gardu pandang, gedung pertemuan, serta area perkemahan. Fasilitas wisatanya cukup lengkap, misalnya toilet, tempat parkir, dan tempat salat.

Aktivitas di Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan (Sumber: nurindah97.wordpress.com)

Jika kamu ingin menghindar sejenak dari panasnya Jogja, cobalah ke kebun buah ini! Ada beberapa aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan, misalnya:

  • Belajar tentang ternak dan pohon buah

Kamu bisa belajar tentang pembibitan sapi serta pembuatan pupuk kandang. Jika kamu penggemar buah, jangan lewatkan kesempatan belajar tentang pepohonan yang menghasilkan buah favoritmu.

  • Berburu matahari terbit dan terbenam

Tidak ingin ketinggalan menangkap keindahan matahari terbit dan terbenam? Kamu bisa menyewa salah satu penginapan di kebun buah ini. Jika kamu berjiwa petualang, bawa tenda dan menginaplah di area perkemahan.

  • Memancing

Kebun Buah Mangunan memiliki kolam pemancingan, lengkap dengan tempat penyewaan alat pancing. Kamu bisa memancing di sini untuk makan saat berkemah atau menunggu kedatangan matahari terbenam.

  • Menjajal jembatan gantung

Sungai Opak terkenal dengan arusnya yang cukup deras, jadi bayangkan sensasinya saat kamu melintasi jembatan gantung di atasnya. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 100 meter, dan bisa bergoyang cukup keras jika tertiup angin.

  • Berolahraga

Pengelola kebun menyediakan jalur menurun (downhill track) sepanjang sekitar 2 km untuk pencinta olahraga bersepeda. Kamu juga bisa melakukan penjelajahan lintas alam di jalur sepanjang hampir 4 km yang tersedia, dengan biaya sekitar Rp50.000 untuk lima orang.

Bagian terbaik dari tempat wisata ini tentu saja foto-foto yang akan kamu hasilkan! Panorama indah yang tidak kalah dari Kalibiru membuat Kebun Buah Mangunan cocok sebagai tempat wisata alam di Jogja.

Tips Mengunjungi Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan (Sumber: 101tempatwisataterbaru.blogspot.com)

Kebun Buah Mangunan memiliki tarif masuk cukup murah, hanya sekitar Rp5.000. Biaya parkirnya juga terjangkau, namun harga-harga ini tidak termasuk fasilitas di dalamnya. Pastikan membawa perlengkapan sendiri seperti alat pancing atau tenda jika ingin menghemat biaya saat beraktivitas.

Kamu juga sebaiknya menyewa mobil untuk menuju ke tempat ini, karena medannya cukup berat. Jalur populer untuk ke Kebun Buah Mangunan adalah dari Terminal Giwangan menuju Jalan Imogiri Timur, terus sampai ke Mangunan, Dlingo.

Ingin menghemat tiket pesawat ke Jogja? Jangan lupa memesan lewat aplikasi Airy. Dapatkan harga termurah tanpa biaya tersembunyi atau bentuk penipuan lainnya. Dengan fasilitas refund dan reschedule serta cara pembayaran yang mudah, Airy adalah solusi terbaik untuk perjalanan wisata atau bisnis ke Jogja.