By | 25 April 2019

Cara membalut luka dapat dikatakan susah-susah gampang, oleh karena itu perlu mengetahui lebih detail perihal membalut luka yang baik dan benar. Melakukan pertolongan pertama yang  tepat akan menjauhkan luka dari infeksi. Oleh karena itu semua orang diharapkan agar bisa membalut lukanya dengan cara yang benar.

Agar luka yang Anda rawat tidak menimbulkan infeksi yang dapat membuat luka semakin parah, maka Anda tidak dianjurkan untuk melakukan tindakan salah yang sering kali dilakukan ketika membalut luka, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Tidak memperhatikan tingkat pendarahan

Membalut luka tidak hanya dengan membungkus luka menggunakan perban atau kassa steril saja. Akan tetapi Anda harus memperhatikan pada tingkat pendarahan dari luka itu sendiri. Ketika luka tersebut mengeluarkan darah secara terus menerus, maka Anda harus melakukan tindakan yang tepat, yaitu dengan cara menekan pendarahan dengan menggunakan kassa, tisu, kain maupun peralatan yang lainnya.

  1. Tidak membersihkan luka dengan benar

Menjaga kebersihan luka adalah tindakan kedua yang harus dilakukan. Cara ini berguna untuk menjaga luka agar terhindar kandaribakteri atau kuman yang dapat masuk pada luka. Cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan luka yaitu dengan menggunakan air mengalir dan sabun. Sabun akan memberikan rasa perih pada bagian luka, namun cara ini harus Anda lakukan demi kesembuhan luka. Kesalahan yang sering terjadi yaitu tidak membersihkan luka dengan benar.

  1. Menggunakan Perban luka sembarangan

Membalut luka dengan perban tentunya bukan sembarang perban. Akan tetapi Anda harus menggunakan perban yang sesuai dengan luka. Agar tidak mengalami kesalahan dalam menggunakan perban maka cek informasinya di https://www.id.hansaplast.co.id/bantuan-instan/kesehatan-dan-perlindungan/luka-sayat-dan-baret. Tidak semua luka yang Anda alami dapat ditangani dengan tangan Anda sendiri. Jika Anda merasa bahwa luka yang Anda alami lebih parah, maka Anda harus menghubungi tenaga medis. Terlebih lagi jika luka yang Anda alami tersebut mengeluarkan darah yang cukup banyak. Oleh sebab itu, penting diri Anda untuk mengenali jenis luka yang sedang Anda alami kemudian melakukan tindakan yang tepat untuk mencegah infeksi.