By | 10 Agustus 2019

Nintendo sudah lama kita kenal sebagai perusahaan pengembang konsol game asal Jepang yang cukup ternama di dunia. Pada bulan Juli yang lalu Nintendo mengumumkan tentang akan segera diluncurkannya konsol game terbaru walaupun dengan rasa lama yaitu Nintendo Switch Lite. Konsol game ini adalah versi yang lebih sederhana dari Nintendo Switch reguler dan otomatis juga hadir dengan harga yang lebih terjangkau. Nintendo Switch Lite memiliki berat 275 gram atau 31 persen lebih ringan dari versi regulernya dan memang bobot tersebut sangat sangat cocok karena konsol ini merupakan jenis Handheld Way yaitu konsol game yang cara bermainnya dengan jalan memegangnya.

Namun bobot yang ringan ini juga diakibatkan karena konsol ini memang hanya dapat dimainkan dengan mode handheld saja berbeda dengan pendahulunya Nintendo Switch yang dapat dimainkan dengan tiga mode yaitu Home Console Way, Handheld Way, dan Tabletop Way. Bagi Anda yang belum tahu Home Console Way adalah mode untuk bermain dengan cara meletakkan layar pada docking station dan memainkannya melalui televisi. Sedangkan Tabletop Way adalah mode untuk bermain dengan meletakkan konsol di meja dan mencabut kontrolernya lalu memainkannya sambil bersantai di kursi.

Harga yang lebih murah dan keterbatasan mode yang dipakai ternyata juga membuat permainan yang tersedia di Nintendo Switch Lite ini tidak selengkap versi regulernya. Beberapa permainan yang tidak dapat dimainkan di konsol ini antara lain adalah Nintendo Labo, Super Mario Party, dan Just Dance. Kalaupun Anda ingin memainkan permainan tersebut Anda harus membeli perangkat tambahan yaitu beberapa kontroler Joy-Con yang harganya cukup mahal dan tentunya harus membuat Anda berpikir ulang jika tujuan membeli Nintendo Switch Lite adalah untuk mengeluarkan dana yang lebih hemat. Walaupun hanya dapat dimainkan dalam satu mode konsol ini juga masih dapat dihubungkan dengan aksesoris yang sama dengan versi regulernya seperti switch pro controller, poke ball plus, dan kontroler Joy-Con.

Di sisi lain konsol ini juga hadir dengan warna dan desain baru yang lebih menarik. Dibekali layar sentuh 5,5 inchi Nintendo Switch Lite masih tetap mempertahankan resolusi versi regulernya yaitu 1280 x 720 walaupun ukuran layarnya diperkecil dari 6,2 inchi. Konsol ini juga terpasang baterai berkapasitas 3570 mAh yang diklaim dapat digunakan untuk bermain 5,5 jam non stop serta pengisian baterainya lebih cepat 3 jam dari versi regulernya yang sebelumnya membutuhkan waktu 6 jam dari kondisi baterai kosong sampai penuh. Untuk CPUnya sendiri menggunakan Custom Nvidia Tegra Prosessing dengan RAM yang dikabarkan sama dengan versi regulernya yaitu 4 GB.

Sedangkan untuk penyimpanan internal tersedia ruang 32 GB dan masih dapat diperbesar dengan microSD card. Nintendo Switch Lite juga dibekali fitur pendukung seperti Wi-Fi, Bluetooth 4.1, NFC, dan USB-C. Nintendo Switch Lite akan dirilis serentak di seluruh dunia pada 20 September 2019 mendatang dengan banderol USD 199 atau sekitar 2,8 juta rupiah, lebih murah dari versi regulernya yang dibanderol USD 299 dan tentunya lebih ramah dengan kantong Anda. Konsol ini akan dirilis dengan tiga pilihan warna yaitu kuning, abu-abu, dan hijau toska. Model Special Edition juga akan diluncurkan tidak lama setelah peluncuran konsol standarnya. Diharapkan hadirnya Nintendo Switch Lite ini dapat sukses laris di pasaran seperti pendahulunya yang telah terjual lebih dari 35 juta unit sejak diluncurkan pada 2017 lalu.

Dan kabar baiknya, produk ini sudah bisa di pre-order di BliBli.com melalui link

https://www.blibli.com/jual/nintendo-switch-lite