By | 20 September 2019

 

Sembelit atau susah buang air besar memang kerap sekali terjadi pada sebagian orang yang kurang mengkonsumsi makanan berserat. Banyak orang yang lebih memilih mengobati sembelit dengan obat pencahar dengan hasil instan. Padahal sebenarnya ada banyak obat sembelit dan susah buang air besar alami yang jauh lebih aman bagi tubuh.

Obat Alami untuk Sembelit dan Susah Buang Air Besar

  1. Minum Air Putih Lebih Banyak

Susah buang air besar biasanya disebabkan oleh tubuh yang kurang air putih sehingga feses menjadi kering, keras, dan susah dikeluarkan. Karena itu sebaiknya Anda meminum 2 liter air putih sehari untuk mengobati sembelit. Tapi hindari jenis minuman bersoda atau softdrink agar sembelit tidak tambah parah.

  1. Konsumsi Serat

Serat sangat baik untuk kesehatan pencernaan karena bisa mempermudah pergerakan usus. Saat terkena sembelit, usahakan untuk mengkonsumsi jenis serat yang tidak mudah larut misalnya dalam gandum atau sayuran hijau.

  1. Konsumsi Kopi

Ternyata kandungan kafein dalam kopi bisa membantu melancarkan pergerakan otot usus sama halnya seperti saat mengkonsumsi makanan. Selain itu, kopi juga mengandung serat yang bisa menyeimbangkan bakteri dalam usus. Namun pastikan Anda mengkonsumsi kopi dalam takaran yang wajar, karena kopi juga bisa menyebabkan naiknya kadar asam lambung.

  1. Perbanyak Konsumsi Yogurt dan Tempe

Makanan yang mengandung probiotik atau bakteri baik bisa membantu melancarkan sembelit karena ketidakseimbangan bakteri usus. Dua makanan ini bisa membantu produksi asam lemak dan asam laktat yang sangat diperlukan sistem pencernaan manusia.

  1. Kurangi Makanan/Minuman Berbahan Dasar Susu

Ternyata kondisi tubuh yang intoleransi laktosa juga bisa menyebabkan Anda terserang sembelit karena pergerakan usus yang jadi lambat. Karena itu, saat Anda terserang sembelit, cobalah untuk mengurangi atau berhenti mengkonsumsi makanan dan minuman yang berasal dari olahan susu.

Cara di atas bisa digunakan untuk mencegah atau mengatasi sembelit dan susah buang air besar. Namun Anda juga perlu mewaspadai jenis sembelit yang bisa menjadi sebuah gejala penyakit lain dalam tubuh, salah satunya adalah DBD. Ingin tahu lebih detail mengenai gelaja DBD yang lain? Kunjungi saja link https://www.guesehat.com/gejala-dan-cara-mengatasi-demam-berdarah-sejak-dini.