By | 24 April 2020

Siapa yang tidak tahu ikan mujair? Sebagai ikan yang hidup di air tawar, mujair termasuk salah satu ikan yang digemari di Indonesia. Sebenarnya, apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi ikan mujair?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Nutrisi pada ikan mujair

Ikan mujair merupakan ikan yang awalnya berada di perairan Afrika Selatan dan kemudian tanpa tahu alasannya muncul di perairan Indonesia. Sebagai ikan yang hidup di air payau, mujair memiliki daging yang terasa ringan dan keras, namun penuh dengan nutrisi.

Ikan mujair pun termasuk ikan yang serba guna. Maksudnya, Anda bisa memakannya dengan roti, mengolahnya menjadi ikan rebus, atau digoreng dan disajikan bersama sambal. Namun, sebagian dari Anda mungkin belum mengetahui nutrisi dan manfaat apa saja yang ditawarkan oleh ikan mujair.

Setiap 100 gram-nya, ikan mujair memiliki nutrisi dan vitamin yang cukup banyak untuk tubuh kita. Menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, kandungan nutrisi mujair yaitu:

  • energi: 89 kalori
  • protein: 18.7 g
  • kalsium: 96 mg
  • fosfor: 209 mg
  • natrium: 51 mg
  • kalium: 265 mg
  • retinol (Vitamin A): 6 mcg
  • beta-karoten: 3 mcg

Cukup banyak bukan nutrisi yang bisa Anda peroleh dari ikan mujair?

Manfaat ikan mujair untuk kesehatan tubuh

Setelah mengetahui apa saja nutrisi yang terkandung dalam ikan mujair, kenali lebih lanjut manfaat yang ditawarkan oleh ikan satu ini.

1. Sumber protein dan nutrisi

daging ikan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, vitamin dan nutrisi yang ada pada ikan mujair cukup banyak dan bermanfaat bagi tubuh. Salah satu yang paling bermanfaat adalah protein.

Protein diperlukan oleh tubuh sebagai bahan bakar untuk menambah massa otot dan tulang, memperbaiki jaringan, memperlancar aliran oksigen ke seluruh tubuh, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kandungan kalsium yang tinggi pada ikan yang hidup di air tawar ini juga membuat tulang Anda semakin kuat, membantu penggumpalan darah, dan kontraksi otot.

Oleh karena itu, dengan mengonsumsi ikan mujair sama saja Anda menambah jumlah protein dan otot pada tubuh agar tetap sehat menjalani aktivitas.

2. Mengandung asam lemak yang tinggi

cara menghilangkan jerawat

Selain menjadi sumber protein dan nutrisi, manfaat ikan mujair lainnya adalah mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi.

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa omega-3 adalah asam lemak tak jenuh yang berguna bagi tubuh. Asam lemak yang tidak dibuat dari tubuh ini berfungsi sebagai pengatur lemak kolesterol dengan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

Akan tetapi, seperti yang dilansir dari laman Harvard Health Publishing, kandungan omega-3 pada ikan mujair ternyata lebih rendah daripada omega-6.

Penemuan tersebut memang cukup meragukan banyak orang apakah manfaat yang dimiliki ikan mujair baik untuk tubuh mengingat omega-6 dikenal sebagai ‘lemak jahat’.

Ikan mujair mungkin tidak sama bergizinya dengan ikan salmon atau tuna, terutama untuk kesehatan jantung. Namun, tidak ada salahnya untuk tetap mengonsumsi ikan mujair dalam porsi yang wajar.

3. Rendah merkuri

keracunan merkuri

Kandungan merkuri yang rendah pada ikan yang berasal dari perairan Afrika ini ternyata juga dapat menjadi salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari ikan mujair.

Ada kemungkinan, ikan mujair diternakkan dalam aquarium atau tangki yang tertutup. Dengan begitu, ikan-ikan tersebut sedikit terpapar dari polusi dibandingkan ikan lainnya dan mungkin mengandung merkuri yang sedikit.

Oleh karena itu, ikan mujair termasuk aman dikonsumsi oleh anak-anak dan ibu hamil karena dipercaya mengandung merkuri yang cukup rendah.

Supaya Anda bisa memperoleh seluruh manfaat dari ikan mujair, pilihlah ikan dengan tekstur yang lembap dan warna yang merata di tubuhnya. Setelah itu, simpan dalam kulkas dan freezer sampai Anda siap untuk memasaknya.