By | 19 Oktober 2019

Dalam sebuah perusahaan, pembuatan SOP adalah salah satu hal yang harus dilakukan. Karena dengan adanya SOP, sebuah perusahaan akan memiliki standar yang berguna untuk diterapkan kepada karyawan atau pegawai di perusahaan tersebut. Dengan adanya peraturan dan standar tersebut, diharapkan perusahaan akan menjadi lebih maju dan berkembang. Untuk itu, ada beberapa prinsip yang harus anda terapkan dalam penyusunan SOP.
Prinsip Penyusunan SOP Untuk Perusahaan Atau Lembaga
1. Efisiensi dan Efektivitas
Dalam penyusunan SOP, diperlukan sebuah standar atau prosedur yang berguna bagi perusahaan. Tujuan dari adanya SOP tersebut adalah untuk standarisasi cara bekerja yang ditujukan untuk karyawan atau pegawai sehingga nantinya mereka akan dapat melaksanakan tugas dengan baik. Untuk itu, dalam pembuatannya haruslah merupakan suatu prosedur yang memiliki tingkat keefektifan dan paling efisien dalam proses melaksanakan tugas nantinya.
2. Bersifat Dinamis
Manfaat dari pembuatan apa itu SOP adalah untuk meningkatkan suatu akuntabilitas dalam melaksanakan pekerjaan atau tugas yang diberikan supaya lebih terstruktur. Untuk itu, SOP ini tentunya harus memiliki prinsip dinamis sehingga prosedur yang dibuat tersebut dapat cepat dilaksanakan dan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dalam meningkatkan kualitas maupun pelayanan yang diberikan. Untuk itu, dalam menyusun SOP dibutuhkan sifat yang dinamis.
3. Keterukuran
Prosedur-prosedur yang nantinya akan digunakan haruslah memiliki hasil yang dapat diukur tingkat keberhasilannya. Oleh sebab itu dalam pembuatan SOP, akan dilakukan beberapa tahapan yang akan diberikan. Seperti tahap uji coba, dimana nantinya karyawan anda akan menerapkan hasil dari SOP tersebut. Nantinya bila ada yang tidak sesuai, maka akan dilakukan tahap revisi sehingga benar-benar menjadi SOP yang baik dan dapat diterapkan oleh semua pihak.
4. Mudah dan Jelas
Prinsip yang harus digunakan dalam penyusunan SOP adalah mudah dan jelas. Hal ini berguna agar prosedur-prosedur yang nantinya menjadi standar memiliki sifat yang mudah di mengerti oleh semua pegawai dan karyawan. Selain itu, prosedur ini tentunya harus jelas karena nantinya akan diterapkan oleh semua kalangan yang berada di instansi atau perusahaan tersebut.
Oleh sebab itu, dalam membuat SOP sebaiknya diharuskan untuk memperhatikan detail dan kerincian. Hal tersebut berguna agar dalam penerapannya, setiap karyawan menjadi lebih mengerti dan lebih paham dalam melaksanakan tugasnya. Tentunya hal tersebut akan memberikan dampak positif bagi perusahaan agar selanjutnya karyawan dapat menjalankan tugas dengan baik dan terstruktur.
5. Memiliki Sifat Selaras
Dalam penyusunannya, SOP tentunya harus memiliki prosedur-prosedur yang selaras dengan prosedur lain yang terkait. Karena jika antar prosedur satu dan prosedur lainnya tidak cocok, maka hal tersebut akan membuat ketimpangan dan tumpah tindih. Sehingga karyawan atau pegawai akan bingung dan tidak memahami prosedur yang sedang dijalankan. Untuk itu, pembuatan SOP tentunya harus sesuai dan cocok dengan sistem perusahaan.
6. Berorintasi Kepada Pengguna
Bagi anda yang memiliki perusahaan di bidang jasa atau produk, tentunya harusnya mempertimbangkan kebutuhan konsumen saat membuat SOP. Bagi perusahaan yang bergerak di bidang ini, prinsip penyusunan SOP adalah prosedurnya harus berorientasi dengan konsumen sehingga prosedur-prosedur yang telap ditetapkan berdasarkan kebutuhan konsumen sehingga nantinya dapat memberikan kepuasaan terhadap konsumen.
Selain itu, prinsip dalam penyusunan SOP haruslah memiliki kepatuhan hukum dan kepastian hukum. Sehingga, nantinya perusahaan akan lebih tenang dalam menjalankan bisnisnya karena telah mematuhi peraturan pemerintah yang belaku. Tentu saja hal tersebut haruslah ditaati setiap karyawan dan elemen di perusahaan, agar nanti kedepannya akan dapat melindungi perusahaan dari kemungkinan adanya tuntutan hukum.